Friday 14 December 2012

For mother-how to teach our kids colors

Sebulan yang lalu saya dan Ayis main ke tetangga dekat rumah kontrakan yang dulu. Kami berbincang seputar arisan Tupperware. Karena kami punya anak yang seusia, kami melanjutkan obrolan kearah pendidikan anak. Tante tsb menceritakan pengalaman tetangga yang memiliki keahlian dalam bidang psychology anak. Tante tsb menceritakan bahwa anaknya tetangga tsb bisa menyebutkan warna dalam bahasa inggris dan indonesia, sejak usia 2 tahun. Caranya? ajarkan 1 jenis warna sampai anak benar-benar mengenali warna tsb. apabila ada benada-benda disekitar yang warnanya sedang diajarkan, ditanyakan ke anak. kemudian, setelah anak tahu benar 1 jenis warna tsb, bunda bisa melanjutkan ke warna yang lain. 

Percobaan dengan Ayis. Sebelum tahu saran dari tante, saya mengajari berbagai macam warna dengan menanyakan warna benda yang ada di sekitar Ayis. setelah tahu, saya coba dengan warna, sebagai salah satu warna dasar. Dalam 3 hari Ayis bisa mengenali warna merah. Selanjutnya saya ajarkan warna kuning. Sekarang Ayis bisa membandingkan warna kuning dan merah tanpa saya tanya.

Wow, it works.

#sebenarnya dasarnya sama, ketika kita mengajarkan siswa pelajaran materi tertentu, ajarkan dasarnya sampai siswa paham.

No comments:

Post a Comment